Selasa, 19 Juni 2018

Kim Jong Un Kunjungi China, Bahas Trump dengan Xi Jinping


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kembali mengunjungi China untuk ketiga kalinya tahun ini. Kim bertemu dengan Presiden Xi Jinping untuk membahas hasil pertemuannya dengan Presiden AS Donald Trump. 

Dilansir dari Reuters, Selasa (19/6/2018), Kim mengunjungi China pada hari ini. Dijadwalkan Kim akan berada di China sampai Rabu (20/6) besok. 

Kunjungan Kim Jong Un ke China hanya berselang seminggu setelah pertemuannya dengan Donald Trump di Singapura pada 12 Juni lalu. 

China diketahui merupakan mitra diplomatik dan ekonomi utama Korea Utara selama ini. Hanya saja China sempat berang dengan uji coba rudal Korea Utara. 

Tak diketahui pasti detail dari pertemuan ini. Hanya saja pengamanan di Great Hall of the People tampak diperketat. Gedung tersebut memang kerap digunakan Presiden Xi untuk menjamu kepala negara. 

China sebelumnya telah merespon positif pertemuan antara Washington dan Pyongyang. China juga menawarkan bantuan terkait hal itu. 

Dilaporkan juga China amat senang dengan ditangguhkannya latihan militer AS-Korsel. Menurut China dihentikannya uji coba senjata Korut dan penundaan latihan militer AS-Korsel adalah hal sangat positif.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.